Apa itu LAN dan Bagaimana Cara Kerjanya Serta Keuntungan Menggunakan LAN

Apa itu LAN dan Bagaimana Cara Kerjanya Serta Keuntungan Menggunakan LAN
Sutrisnobachtiaryusuf.com- LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan perangkat-perangkat dalam area geografis yang terbatas, seperti kantor, sekolah, atau rumah. LAN digunakan untuk memungkinkan perangkat komputer saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya, seperti file, printer, atau koneksi internet.

Cara Kerja LAN:
1. Topologi Jaringan: LAN dapat menggunakan berbagai topologi jaringan, seperti topologi bus, topologi cincin, atau topologi bintang. Topologi bus adalah yang paling umum, di mana semua perangkat terhubung ke kabel tunggal. Topologi cincin menggunakan kabel melingkar di mana setiap perangkat terhubung satu sama lain. Topologi bintang adalah yang paling umum digunakan saat ini, di mana setiap perangkat terhubung ke pusat atau switch.

2. Perangkat Koneksi: Setiap perangkat dalam LAN, seperti komputer, laptop, printer, atau router, terhubung ke switch atau pusat jaringan melalui kabel Ethernet atau koneksi nirkabel (Wi-Fi). Kabel Ethernet menggunakan standar yang ditentukan, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), untuk mengirim data antar perangkat.

3. Alamat IP dan Protokol: Setiap perangkat dalam LAN diberi alamat IP unik, yang memungkinkan identifikasi dan pengiriman data secara tepat. Protokol yang digunakan dalam LAN, seperti TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), memungkinkan pengiriman data secara teratur dan terjamin antar perangkat.

4. Switching dan Routing: Dalam LAN, switch berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data antar perangkat. Ketika perangkat ingin berkomunikasi satu sama lain, switch akan meneruskan data hanya ke perangkat yang dituju. Jika data harus dikirim ke perangkat di jaringan yang berbeda, maka router akan digunakan untuk mengarahkan data ke jaringan tujuan.

5. Protokol Akses: Untuk mengakses sumber daya jaringan, seperti file atau printer, protokol akses seperti SMB (Server Message Block) atau FTP (File Transfer Protocol) digunakan. Protokol ini memungkinkan perangkat dalam LAN untuk berbagi dan mengakses sumber daya secara efisien.

Melalui kombinasi perangkat keras (seperti switch dan router) dan perangkat lunak (seperti protokol dan sistem operasi), LAN memungkinkan komunikasi yang efisien dan berbagi sumber daya di dalam lingkup jaringan yang terbatas. Keuntungan dari LAN termasuk kecepatan tinggi, keamanan yang lebih baik, dan kontrol penuh atas jaringan tersebut.

Untuk penjelasan rangkuman secara lebih detailnya simak rangkuman di bawah ini: 

Apa itu LAN dan Bagiman Cara Kerjanya
- Local Area Network ( LAN ), merupakan suatu jenis jaringan komputer dengan cakupan wilayah lokal. LAN menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana, perangkat jaringan yang digunakan pada LAN contoh nya HUB, Switch, Router, dan perangkat jaringan lainnya dan dihubungkah oleh kabel UTP ( Unshihielded twisted-pai), contoh penggunaan jaringan LAN seperti pada Warnet, Sekolah, perusahaan, atau antar rumah yang masi mencakup wilayah LAN

Keuntungan dari penggunaan LAN adalah adalah

1. )Lebih Irit dalam penggunaan Kabel
2. Transfer data antar Node lebih cepat
3. )Cara Pembuatannya Cukup Mudah
4. )Memungkinkan untuk Sharing Printer
5. )Resiko kehilangan Data oleh virus tergolong kecil
6.) Antar client dapat berkomunikasi dengan mudah

Setelah mengetahui keuntungan jaringan LAN maka kita perlu memahami kerugian menggunakan jaringan LAN

1. Karena Cakupan wilayah jaringan LAN cukup sempit sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan      dengan jaringan luar, dan cakupan trasfer data tidak begitu luas.

jika telah mengetahui keuntungan dan kerugian menggunakan jaringan LAN, tentu kita perlu mengetahui seperti apa gambar LAN yang sering digunakan saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada Teknologi IEEE 802.3. Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatann transfer data 10, 100 atau 100 Mbit/s. tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wifi disebut hotspot. 
setelah mengetahu tentang gambaran LAN yang umum digunakan, tentu anda perlu memahami seperti apa karakteristik jaringan LAN, dibawah ini adalah Karakteristik jaringan LAN.
1. Mempunyai Pesan Data Yang lebih Tinggi
2. Meliputi Wilayah Geografis Yang Sempit
3. Tidak memerlukan Jalur telekomunikasi yang disewa.
4. Biasanya salah satu komputer yang adapajaringan LAN dapat berperan sebagai Server

setelah memahami apa itu LAN, keuntungan menggunakan LAN, Kerugian Menggunakan LAN dan Mengetahui ciri-ciri LAN, maka kita perlu memahami seperti apa prinsip kerja jaringan LAN itu sendiri.

Perinsip Kerja Jaringan LAN

Seperti yang telah anda ketahui bahwa LAN dibatasi oleh wilayah maka dapat kita ketahui bahwa LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer dapat saling terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi, dengan demikian dalam sebuah jaringan dapat saling menggunakn perangkat jaringan secara bersama.

Jadi itu lah yang adapat admin sampaikan terkait Apa itu LAN dan Bagai mana cara kerjanya, semoga dengan artikel ini anda telah memahami lebih jauh tentang jaringan LAN

Demikian artikel tentang Apa itu LAN dan Bagaimana Cara Kerjanya semoga bermanfaat.
Edukasi Informasi

Belum ada Komentar untuk "Apa itu LAN dan Bagaimana Cara Kerjanya Serta Keuntungan Menggunakan LAN"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Artikel Terbaru

Cara mengatasi Tidak dapat atau tidak bisa download pada google Drive Karena Kelebihan Limit

Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Download karena Kelebihan Limit Apakah Anda pernah merasa frustrasi ketika hendak mendownload file da...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel