Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 Dengan Rufus

Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 Dengan Rufus
Sutrisnobachtiaryusuf.com- Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bootable flashdisk Windows 7, 8, dan 10 menggunakan Rufus:

1. Pertama, pastikan Anda memiliki file ISO dari sistem operasi Windows 7, 8, atau 10. Anda dapat mendownloadnya dari situs resmi Microsoft atau menggunakan file ISO yang Anda miliki.

2. Selanjutnya, pastikan Anda memiliki sebuah flashdisk dengan kapasitas yang cukup untuk menampung file ISO dan data instalasi.

3. Unduh dan instal Rufus dari situs resminya (https://rufus.ie).

4. Hubungkan flashdisk ke komputer Anda dan jalankan Rufus.

5. Pada opsi "Device", pilih flashdisk yang akan Anda gunakan. Pastikan Anda memilih flashdisk yang benar, karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di dalamnya.

6. Di bagian "Boot selection", klik pada tombol gambar disket kecil dan pilih file ISO Windows 7, 8, atau 10 yang telah Anda persiapkan.

7. Pastikan opsi "Partition scheme" diatur sesuai kebutuhan. Jika Anda menggunakan BIOS tradisional, pilih "MBR"; jika Anda menggunakan UEFI, pilih "GPT". Jika Anda tidak yakin, biarkan opsi default.

8. Pada opsi "File system", pilih "NTFS" untuk Windows 7 dan 8, atau "FAT32" untuk Windows 10.

9. Biarkan opsi "Cluster size" pada pengaturan default (biasanya tidak perlu diubah).

10. Pastikan opsi "Quick format" dicentang untuk mempercepat proses format flashdisk.

11. Berikan nama pada flashdisk sesuai keinginan Anda di bagian "Volume label".

12. Jika tersedia, aktifkan opsi "Create a bootable disk using" dan pilih "ISO Image" jika belum dipilih secara otomatis.

13. Klik tombol "Start" untuk memulai proses pembuatan bootable flashdisk.

14. Anda akan menerima peringatan bahwa semua data pada flashdisk akan dihapus. Pastikan Anda telah membackup data yang penting sebelum melanjutkan.

15. Setelah selesai, Rufus akan memberi tahu Anda bahwa flashdisk telah dibuat dengan sukses.

Sekarang, flashdisk Anda sudah siap digunakan sebagai media instalasi untuk Windows 7, 8, atau 10. Pastikan Anda mengatur boot priority di BIOS komputer Anda agar dapat boot dari flashdisk saat menginstal Windows.

Perhatikan bahwa proses pembuatan bootable flashdisk dengan Rufus dapat sedikit berbeda tergantung pada versi Rufus yang Anda gunakan. Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru Rufus untuk hasil yang optimal.

Untuk menjadikan falsdisk sebagai bootable anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Download Rufus di https://rufus.ie
Setelah anda mendownload  aplikasi dan tempatkan pada folder yang mudah anda jangkau, anda tidak perlu menginstal aplikasi ini karena aplikasi Rufus adalah aplikasi Postable.

2. Colokkan Flasdisk anda pada Laptop atau komputer anda.
3. Buka Aplikasi Rufus

Agar proses membuat bootable berjalan dengan lancar, klik kanan terlebih dahulu file exe rufus kemudian Run Administrator. perhatikan keterangan gambar dibawah ini.

4. Kemudian Pilih OS yang akan di tempatkan pada flasdisk sebagaai bootable. cararanya klick SELECT - Cari File Iso OS- Klik OPEN- Volume Lable Ganti dengan Nama OS - Pada File Sytem Gunakan NTFS - Kemudian Klik Show Advenced Format Option lalu centang pada QUICK FORMAT DAN CREATE EXTENDED LABEL AND ICON FILE-Kemudian Klik OK jika muncul Popup - START. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
Fasdisk Telah Dibaca Oleh Rufus
Pilih Disk or ISO image ( Please Select)


Pilih Seclect dan cari file iso


Ubah nama label dan Set file sytem dengan NTFS


Kemudian Klik Show Advenced Format Option lalu centang pada QUICK FORMAT DAN CREATE EXTENDED LABEL AND ICON FILE 



Klik OK, Popup ini untuk menkonfirmasi kesedian karena proses membuat bootable akan memformat keseluruhan data yang ada di flasdisk. selanjutnya tunggu beberapa menit biasanya proses ini memerlukan -+ 15 Menit.


Tunggu proses hingga selesai, hingga muncul tulisan Redy pada Status.

Pada tahapan ini anda telah berhasi membuat Bootable dengan flasdisk, dan flasdisk anda sudah dapat digunakan sebagai media instalasi windows. dan perlu anda ingat flasdisk yang digunakan memiliki kapasitas yang sesuai dengan OS, biasanya admin menggunakan flasdisk kapasitas 4 gb untuk windows 7, 8 gb untuk windows 8 dan 10, untuk OS yang lain seperti Linus cukup menggunakan flasdisk dengan ukuran 4 gb karena biasa Linus ukurannya lebih kecil

Berdasarkan tutorial diatas dapat kita simpulkan bahwa proses pembuatan bootable flasdisk cukup mudah, dan cepat. demikian tutorial ini jika ada pertanyaan terkait artikel ini berikan komentar.

Demikian tutorial Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 Dengan Rufus, semoga bermanfaat.



Tips dan Trik

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 Dengan Rufus"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Artikel Terbaru

Cara mengatasi Tidak dapat atau tidak bisa download pada google Drive Karena Kelebihan Limit

Cara Mengatasi Google Drive Tidak Bisa Download karena Kelebihan Limit Apakah Anda pernah merasa frustrasi ketika hendak mendownload file da...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel