Coba lihat sekeliling kalian saat ini. Betapa gencarnya promosi dan iklan yang dilakukan pemilik produk. Nyaris tak ada ruang kosong yang tak dijejali oleh iklan atau promosi.
Baliho atau spanduk memenuhi jalanan. Dari sekolah, halte bis, bahkan sampai kamar mandi pun terdapat iklan. Semua benda dari bis kota, kaos, sampai tempat tusuk gigi atau tisu juga ada iklannya. Semuanya berebut perhatian kalian !
Begitupun di dunia internet, kini promosi atau iklan sudah makin marak. Baik berupa banner, iklan baris, maupun iklan terselubung yang dimasukkan lewat link. Semuanya juga mencoba menarik perhatian kalian .
Tapi sebenarnya bagaimana berpromosi yang efektif? Agar upaya promosi yang kita lakukan setidaknya membuahkan hasil yang setimpal.
Berpromosi yang efektif ada caranya. Salah satu prinsipnya adalah dengan memfokuskan isi pesan yang ingin kalian sampaikan.
Mari kita belajar dari iklan dan promosi di sekeliling kita. Bisa dikatakan promosi yang sukses adalah yang memiliki satu pesan. Satu promosi berisi satu pesan. Tujuannya supaya pesan yang disampaikan tidak “bersaing” atau dikaburkan oleh pesan-pesan lainnya.
Jadi, kuncinya memfokuskan pesan yang ingin kalian sampaikan. Kalau kalian menjual suatu produk, kalian promosikan dengan HANYA menciptakan satu pesan saja. kalian bisa rasakan perbedaan efek promosi yang berpesan banyak dengan hanya satu pesan kan?
Kemudian, langkah kedua, sebarluaskan promosi kalian . Semakin tersebar dan gencar promosi kalian , maka peluang keberhasilannya makin besar. Sebab, iklan atau promosi yang kalian lakukan akan sampai ke lebih banyak orang dan terus “membombardir” mereka.
Caranya selain berpromosi di internet, juga bisa dilakukan di sekitar kalian . kalian bisa buat selebaran yang mempromosikan produk kalian dan ditempel di tempat-tempat strategis. Bisa juga dengan menempelkan alamat situs web atau blog kalian di kendaraan kalian .
Di samping itu, gunakan cara berpromosi paling klasik terampuh: dari mulut ke mulut. Ceritakan kepada orang-orang yang kalian kenal mengenai produk kalian . Sampaikan kepada orang-orang yang kalian temui tentang produk kalian .
Tak perlu malu. Karena kalian tak sedang melakukan hal yang memalukan. kalian hanya menyampaikan produk kalian . Syukur-syukur kalau mereka berminat. Atau paling tidak mereka tahu mengenai produk kalian .
Kalau kalian punya banyak pesan promosi yang ingin disampaikan lalu bagaimana? Apapun yang ingin kalian sampaikan, saran saya sebaiknya satu promosi HANYA satu pesan. Kalau punya banyak pesan, buatlah dalam beragam promosi.
Posting atau sales letter yang memikat hanya memiliki satu pesan. Dan kalian bisa memperkuatnya dengan berbagai cara. Mungkin lewat contoh, testimoni, dan lainnya.
Ya, cuma satu pesan! Banyak pesan hanya akan membuat promosi kalian kehilangan arah bahkan membingungkan perhatian pengunjung kalian . Yang kemudian membuat mereka bingung melakukan apa.
Kalau kalian ingin pengunjung ingat pesan kalian , buat pesan sesederhana mungkin. Promosi yang baik bersifat singkat-padat-jelas dan dekat dengan kehidupan mereka. Tak perlu bertele-tele, sampaikan pesan kalian secara lugas.
Kalau kalian tidak bisa meringkas bisnis kalian dalam satu kalimat, kalau pengunjung sulit menangkap pesan situs web atau blog kalian dalam 10 detik, maka kalian gagal berkomunikasi. Pesan kalian gagal menancap di benak mereka. Dan itu artinya promosi kalian belum berhasil.
Untuk memperkuat brand kalian , penting juga memiliki slogan, semboyan, atau tagline yang menggambarkan bisnis kalian . Kalau dicoba hasilnya pasti mengagumkan. Masih ingat “Stop Dreaming, Start ACTION”? Slogan itu menjadi pendorong pengunjung untuk mengubah hidupnya dengan melakukan langkah-langkah nyata.
Masih bingung atau bagaimana? Untuk menambah referensi baca juga cara menarik pengunjung dan Kata Kunci: Penentu Kesuksesan kalian . Saya tunggu komentar kalian
Blogger Blogging Tips & Trick
Belum ada Komentar untuk "Kunci Promosi Sukses: Fokuskan Pesan kalian"
Posting Komentar
Catatan Untuk Para Jejaker